19.12.15

>> DAFTAR 10 JEMBATAN PALING POPULER DAN TERKENAL DI DUNIA

Jembatan yang paling terkenal tidak berarti jembatan yang paling panjang, paling tinggi atau paling cantik. Tetapi ini jembatan-jembatan yang paling dikenal orang. Berikut 10 di antaranya, menurut 10 MostToday.com


1. Golden Gate Bridge, San Francisco, AS
Jembatan ini jadi simbol "West Coast" Amerika Serikat, dan jadi atraktsi paling populer di San Francisco. Panjang jembatan ini 1.280 meter, dan jadi jembatan ke-11 terpanjang di dunia. Tempat ke-11 tidak terdengar spektakuler. Tetapi jembatan ini resmi digunakan 1937. Sementara jembatan-jembatan terpanjang lainnya dibangun dalam 10 atau 20 tahun terakhir.




2. Tower Bridge, London, Inggris
Jembatan ini mulai dibangun 1886 dan selesai 1894. Lokasinya di atas sungai Thames dan jadi simbol kota London. Jembatan ini adalah kombinasi jembatan gantung dan jembatan angkat. Jembatan ini berlokasi dekat dengan gedung Tower of London (menara London) sehingga disebut Tower Bridge. Jembatan beserta istana di dekatnya jadi salah satu sasaran wisatawan paling laku sedunia.




3. Sydney Harbour Bridge, Sydney, Australia
Di jembatan ini berada jalanan berbagai kendaraan dan kereta, juga tempat lalu lalang pejalan kaki dan sepeda. Jembatan hubungkan pantai utara dan pusat distrik bisnis di kota Sydney. Pemandangan cantik jembatan, pelabuhannya, juga gedung opera, jadi pemandangan khas kota. Itu juga simbol Sydney dan Australia. Jembatan itu dijuluki "gantungan mantel" oleh penduduk karena bentuknya yang melengkung.




4. Brooklyn Bridge, New York, AS
Selesai dibangun 1883, ini jadi salah satu jembatan gantung paling tua di AS. Jembatan hubungkan Manhattan dan Brooklyn di atas East River. Panjangnya 486,3 meter. Ini jadi simbol New York mulai hari peresmiannya, dan sekarang tetap jadi salah satu atraksi kota paling penting.




5. Ponte Vecchio, Firenze, Italia
Jembatan ini dibuat dari batu dan berasal dari Abad Pertengahan. Jembatan terkenal karena masih dilengkapi toko-toko di pinggirnya, seperti lazimnya dulu. Ini satu-satunya jembatan di Firenze yang selamat Perang Dunia II. Dulu, toko-toko sebagian besar milik pejagalan. Sekarang sebagian besar menjual cendera mata, barang seni dan perhiasan. Jembatan ini atraksi paling memikat di Firenze.




6. Jembatan Rialto, Venesia, Italia
Jembatan Rialto adalah yang tertua dari empat jembatan yang membentang di kanal utama di Venesia, Italia. Jembatan selesai dibangun 1591, menggantikan jembatan kayu yang ambruk tahun 1524. Jembatan tua itu adalah salah satu simbol kota Venesia dan salah satu atraksi utamanya, yang selalu dipenuhi wisatawan.




7. Millau Viaduct, Millau, Perancis
Jembatan ini tingginya 343 meter, lebih tinggi dari Menara Eifel, dan menjadi jembatan tertinggi di dunia. Jembatan dibuka tahun 2004, dan memikul jalanan dengan empat jalur. Jembatan kabel ini membentang di lembah sungai Tarn, dekat kota Millau, Perancis Selatan.




8. Jembatan Charles, Praha, Ceko
Jembatan ini berada di sungai Vltava. Pembangunan jembatan batu dengan gaya Gothik ini dimulai 1357 dan baru selesai di awal abad ke-15. Karena ini satu-satunya jembatan di sungai Vltava, jembatan jadi penghubung terpenting atara kota tua dan kawasan sekitar istana Praha. Jembatan jadi atraksi penting, dan kawasn itu selalu dipenuhi pelukis, pengunjung, pemilik kios dan pencopet.




9. Jembatan Akashi Kaikyō, Jepang
Jembatan Akashi Kaikyō panjangnya 1.991 meter. Jembatan ini mulai digunakan 1998. Jembatan menghubungkan kota Kobe di pulau Honshu dengan Iwaya di pulau Awaji. Jembatan ini ke empat yang paling tinggi di dunia dan jadi jembatan gantung paling panjang di dunia.




10. Jembatan Great Belt, Denmark
Jembatan Great Belt dibuka tahun 1998 dan menghubungkan pulau Zealand dan Funen di Denmark. Total panjangnya 6.790 meter, dan tingginya 254 meter. Jembatan ini jadi jembatan gantung paling panjang dan jembatan tertinggi ke delapan di dunia.
( sumber )