19.12.15

>> BURUNG WARNA-WARNI HASIL DARI KEAJAIBAN EVOLUSI

Burung jantan dikenal punya warna-warni mencolok dan cemerlang. Tujuannya: menarik perhatian betina. Tapi ada burung betina yang tidak kalah cemerlangnya. Inilah keajaiban alami berkah dari evolusi selama jutaan tahun.




Kakatua Jantan dan Betina
Burung Kakatua membuktikan, jantan dan betina bisa sama-sama punya warna cemerlang. Tapi jadi sulit membedakan mana jantan dan betina. Burung kakatua ini habitatnya di hutan tropis Amerika Selatan.




Dimorfisme Seksual
Pada spesies burung lain, lazimnya hanya burung jantan yang memiliki bulu berwarna-warni. Seperti burung pemakan lebah dari Amerika Tengah ini. Fungsi bulu multi warna adalah untuk menarik lawan jenisnya. Burung jantan (foto kanan) terlihat berwarna lebih kuat dan kontras.




Samasekali Berbeda
Evolusi kadang sulit dimegerti. Seperti pada spesies burung tanager, jantan dan betina seolah berasal dari dua jenis berbeda. Burung jantan berwarna hitam dengan badan berwarna merah menyala dan paruh keperakan. Betinanya nyaris seluruh bulu badannya berwarna kehijaun seperti buah zaitun dengan paruh berwarna perak.




Persaingan
Burung jantan dari kawasan tropis, biasanya memiliki bulu berwarna lebih cemerlang. Yang unik, burung betina bersaing dengan betina lain untuk memperebutkan burung jantan. Ini sebabnya evolusi memberikan burung jantan bulu yang lebih berwarna warni dan cemerlang. Tapi juga diketahui, makin besar jenis burungnya, makin marak pula warna pada burung betina.




Tarian Ajakan Kawin
Burung cendrawasih terkenal dengan dimorfisme seksual amat tajam. Burung jantan biasanya juga memiliki bulu hiasan yang amat mencolok seperti bulu ekor amat panjang. Untuk menarik lawan jenis agar mau kawin, burung jantan biasanya melakukan tarian dengan pamer keindahan dan kecemerlangan warna bulunya.




Semegah Merak
Burung merak jantan terkenal suka pamer keindahan bulunya. Aksi ini juga merupakan salah satu cara untuk menarik lawan jenis agar mau diajak kawin. Keindahan dan kecemerlangan bulu juga menunjukkan kesehatan genetika burung jantan.




Rajanya Burung Bangkai
Burung bangkai dari Amerika Selatan warna bulunya tidak mencolok, hanya balutan hitam, kelabu dan putih. Tapi bagian kepalanya memiliki "asesori" luar biasa, berupa paruh berwarna merah dan hitam, jengger berwarna oranye dan kuning serta bulu kepala berwarna ungu, menimbulkan kontras yang mencolok.




Ornamen Paruh Rangkong
Juga ornamen warna-warni dan relief pada paruh burung Rangkong di garis depan berfungsi menarik burung betina agar mau diajak kawin. Sialnya, ornamen ini menjadi daya tarik bagi pemburu etnis lokal yang biasa menggunakannya untuk acara ritual magis. Akibatnya burung Rangkong termasuk daftar terancam punah.




Bergaya Dengan Bulu Merah
Burung Flamingo memperoleh warna kemerahan pada bulunya lewat makanan berupa udang kecil dan plankton yang mengandung "carotenoid". Warna kemerahan jauh lebih menarik perhatian burung betina ketimbang warna asli putih.




Burung Pipit Lakukan Evolusi
Burung pipit biasanya tidak berwana mencolok. Tapi sejenis burung pipit dari Afrika Timur melakukan evolusi dan mengembangkan bulu warna-warni mencolok. Di kawasan burung ini diberi nama pipit super.
( sumber )